Senin, Oktober 22, 2018

Tips Cara memancing dan memelihara Lele Dumbo

Lele Dumbo

Lele merupakan hewan air yang sangat kuat, ia mampu hidup di lingkungan yang sangat kotor dan sedikit air.
Lele juga merupakan hewan air yang sangat terkenal karena terdapat di banyak benua dan mudah memeliharanya. Lele mempunyai banyak sekali ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar. Lele juga merupakan hewan yang cepat perkembangannya.

Di antara lele terdapat jenis yang mempunyai tubuh yang besar, yaitu lele Dumbo. Penasaran tentang Lele Dumbo ini maka simak informasinya berikut ini.

1. Apa itu Lele Dumbo
Lele dumbo (Clarias gariepinus) adalah sejenis lele budidaya yang berasal dari Afrika. Dibandingkan dengan lele lokal (lele kampung C. batrachus, dan C. macrocephalus) lele dumbo berukuran lebih besar dan patilnya tidak tajam sehingga disukai konsumen. Kelemahannya adalah dagingnya lunak dan mudah hancur bila digoreng. Nama "dumbo" diberikan karena ukurannya yang lebih besar daripada rata-rata lele lokal Asia Tenggara.

2. Dimana Lele Dumbo ditemukan
Dahulu lele dumbo berada di negara sekitar Afrika dan timur Tengah. Lele Dumbo mempunayi habitat di air tawar yang tenang dan juga bisa berada di kubangan. Bahkan terkadang Lele Dumbo bisa hidup di saluran pembuangan air seperti got, paret dan lainnya. Biasanya Ikan lele dumbo yang berada di pembuangan air seperti got ini akan memakan hewan kotor di sana bahkan kotoran atau tai manusia juga terkadang dimakan oleh lele dumbo.

3. Kapan Lele Dumbo bisa ditangkap
Kita bisa menangkap lele dumbo kapanpun, tetapi waktu untuk menangkapnya yang tebaik adalah saat siang hari. Ini karena lele dumbo akan sangat sulit dilihat ketika malam hari dan banyak faktor lainnya.

4. Mengapa Lele Dumbo ditangkap
Ikan ini dibudidayakan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia) sebagai sumber pangan. Maka sudah pasti menangkap lele dumbo ini tujuan utamanya adalah untuk makanan. Lele dumbo ini bisa juga menjadi hewan peliharaan tetapi selalu jauhkan dari ikan peliharaan kecil, karena lele dumbo ini adlaah ikan predator yang memakan ikan kecil lainnya.

5. Bagaimana cara memelihara Lele Dumbo


Memelihara lele dumbo tidaklah sulit karena di got saja bisa hidup. Jadi memelihara ikan jenis ini sangatlah mudah dan hanya membutuhkan sedikit perawatan yang tujuannya agar hasil panen nantinya menjadi lebih berlimpah tetapi jika hanya untuk memeliharanya saja tidak di butuhkan perhatian khusus.

gambar kolam lele

Cara memelihara ikan ini sangat mudah cukup mempunyai:

A. Kolam/Sawah/Aquarium/dll.
B. Pastinya harus ada Ikan Lele Dumbo.
C. Makanan ikan lele dumbo. Bisa pelet, ikan kecil, daun talas dan lainnya yang bisa di makannya.

Hanya itu saja lalu anda tinggal memeliharanya, jangan lupa untuk mengganti airnya jika sudah terlalu keruh.

6. Bagaimana cara menangkap Lele Dumbo
Untuk menangkap di kolam anda bisa menggunakan metode: jaring, pancing, setrum dan lainnya. Jika anda memancing ikan ini di kolam biasanya bisa menggunakan umpan seperti pelet dan cacing. sedangkan Untuk menangkap di alam liar anda bisa menggunakan metode: jaring, pancing dan lainnya. Jika memancing di alam liar umpan yang di sarankan adalah ikan kecil, cacing dan hewan lainnya.

memancing lele dumbo

Di alam liar dilarang menangkap lele dumbo dengan mengguakan setrum ini karena akan mematikan ikan-ikan kecil lainnya yang tedapat di habitat tersebut.

7. Bagaimana rasa Lele Dumbo
Rasa lele dumbo sama seperti lele pada umumnya tetapi bedanya teksturnya lebih mudah hancur saat digoreng. Biasanya memasak ikan ini cukup dengan diberikan tepung goreng yang lumayan tebal lalu tinggal di goreng.

Nah itulah informasi mengenai Tips dan cara memancing dan memelihara Lele Dumbo. Jangan lupa untuk share apabila artikel ini sangat membantu dan koment jika ingin menanyakan sesuatu atau meninggalkan pesan. Sekian artikel ini di buat oleh bang ringo ...

Kebekasi Terimakasi :)

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Lele_dumbo.

Subscribe ke channel ini