Jumat, Agustus 02, 2019

Pengertian, Manfaat dan Bahaya Musik 8D atau 8D Audio

Tags

pengertian musik 8 dimensi

Apa itu Musik 8 Dimensi?

Musik 8 Dimensi atau audio 8d mulai ngetrend di dunia maya mulai tahun 2018, ngetrendnya musik ini karena keunikan suaranya saat kita mendengarkan musik tersebut membuat kita berasa ada di tengah - tengah orang yang sedang menyanyikan lagu yang sedang kita dengar.


Nah jadi arti musik 8 dimensi atau audio 8d adalah musik yang mempunyai dimensi lebih dari 2 atau yang lebih sering kita ketahui musik (1 dimensi = Mono) dan (2 dimensi = Stereo). Pasti kalian sudah tau jika sering mendengarkan lagu - lagu dengan sistem suara atau audio mono dan stereo menggunakan headset yang mana ada kalian akan dapat fokus mendengarkan perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan di antara stereo dan mono adalah suara stereo dapat berbeda di headset kanan dengan headset kiri, sedangkan suara mono tidak berbeda di headset kanan dengan headset kiri. Tetapi bukan berarti jika sebuah lagu tidak ada perbedaan di headset kanan dan kiri berarti suara mono, mungkin saja artist yang menciptakan lagu tersebut tidak ingin menggunakan fitur berbeda tersebut dan membuat musiknya menjadi balance atau seimbang antara speaker / headset kanan dan kiri.

Kita kembali lagi ke pembahasan 8D audio, jadi yang kita rasakan saat mendengarkan Musik 8D ini seperti yang sudah BangRingo sebutkan di atas tadi yaitu : membuat kita berasa ada di tengah - tengah orang yang sedang menyanyikan lagu yang sedang kita dengar. Jika kita menggunakan headphone/headset untuk mendengarkan Sistem audio atau sistem suara pada Musik 8D ini, kita akan mengetahui perbedaannya di antara stereo - mono - 8d.


Nah yang membedakannya adalah sistem suara pada Musik 8D ini membuat kita merasakan musik 3 Dimensi seakan - akan musik yang kita dengar sedang memutari kepala kita. Menjadikannya seperti efek 3 dimensi atau 3D yang mana kita merasakan sedang berada di dalam ruangan musik yang mana suara - suara akan memutari kepala kita dari depan-samping kanan-belakang-samping kiri dan kembali lagi ke titik awal lalu berputar terus menerus.


Manfaat musik 8D

Manfaat dari mendengarkan musik 8D adalah kita akan merasakan si penyanyi seakan - akan berada di dekat kita dan sedang mengelilingi kita sambil bernyanyi atau bisa di bilang manfaatnya musik lebih nyata saat kita dengarkan.

Bahaya musik 8D

Sebenarnya efek ini kurang baik untuk kita dengarkan karena dapat membuat perasaan seperti kepala kita berputar putar untuk mencari sumber audio yang benar atau otak kita akan mencari titik fokus audio yang di tangkap oleh telinga, hal tersebut dapat menghilangkan konsentrasi keseimbangan kita. Maka dari itu jangan mendengarkan musik 8d saat sedang berkendara atau berjalan karena akan memecah konsentrasi keseimbangan.

Contoh musik 8D Audio

Ada banyak sekali channel di youtube yang memberikan koleksi Musik dengan sistem audio 8D nah berikut ini adalah channel tersebut yang bisa kalian cek:

Channel 8D TUNES

https://www.youtube.com/channel/UCrRpYEytIHGyDgNWO6VbHlQ

Channel 8D Music - Indonesia

https://www.youtube.com/channel/UCWdemCnYwwLGyO4vD0Ag_LA

Channel 10D AUDIO (Bang Ringo rasa 10D Audio sama saja)

https://www.youtube.com/channel/UCCCK0Xn7EFC4peC9cNXu-Vg

Contoh musik 8D Audio Yang lainnya bisa kalian cari di youtube atau website lainnya.

Sekian BangRingo buat artikel Pengertian, Manfaat dan Bahaya Musik 8D atau 8D Audio ini untuk kalian. Jangan lupa untuk share jika artikel ini bermanfaat dan juga koment untuk saran atau komentar...


Kebekasi Terimakasi :)

Subscribe ke channel ini