Rabu, Desember 16, 2020

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Drone

Tags

Hal Yang Harus Di ketahui sebelum Membeli Drone

Tidak hanya untuk bermain, saat ini drone memiliki kegunaan yang penting di berbagai bidang, baik itu pengawasan, pelacakan, pembuatan film hingga mampu membantu industri real estate.
 
Fungsi drone yang semakin luas ini membuat drone semakin banyak diburu oleh orang-orang, namun sayangnya banyak orang yang terburu-buru dalam memberi drone, tanpa mengetahui apa-apa saja hal-hal penting yang harus dilakukan saat membeli drone supaya mendapatkan spesifikasi produk yang diinginkan.
 
Untuk mendapatkan drone yang sesuai dengan kebutuhan, artikel ini akan membahas mengenai 5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli drone, sehingga Anda dapat mendapatkan drone terbaik dan membuat urusan pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan maksimal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ketahui Durasi Terbang dan Jangkauan Drone

Mengetahui durasi terbang drone dan jangkauannya sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli drone. Hal ini dikarenakan Anda akan mengetahui seberapa lama Anda dapat menikmati permainan drone dan ketinggian yang Anda diinginkan.
 
Biasanya drone terbang dengan durasi terbang selama 15 hingga 30 menit, dengan pengisian baterai selama 2 hingga 3 jam. Sedangkan untuk ketinggian drone itu sendiri adalah sebesar minimal 20 meter hingga sampai kiloan meter. Anda harus mengetahui durasi terbang dan jangkauan drone yang dibeli. Ini supaya Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

2. Kenali Jenis-Jenis Drone

Sebelum Anda membeli drone, yang perlu diperhatikan adalah mengetahui apa-apa saja yang menjadi jenis-jenis drone yang dijual di pasaran. Beberapa contohnya adalah drone RTF, BNF, PNP dan ARF.
 
Drone RTF yang disebut juga dengan ready to fly adalah drone yang drone yang tidak perlu membeli komponen dan hanya mengisi baterainya saja. Drone BNF atau bind and fly adalah drone yang sudah lengkap namun belum disediakan remote control. Selanjutnya ada drone PNP atau plug and play adalah drone yang harus memiliki komponen lain seperti charger, baterai, receiver dan transmitter, dan terakhir drone ARF atau almost ready to fly adalah drone yang paling sedikit komponennya karena harus memiliki baterai, servo, ESC, motor dan komponen lainnya.
3. Perhatikan Kamera yang Dipakai
Ada beberapa produk drone yang sudah dilengkapi fitur kamera dalam satu paket pembelian. Bila Anda mendapatkan kamera, maka periksa kamera yang tersedia pada drone yang akan dibeli.
 
Drone yang dilengkapi kamera dengan resolusi 4K dan bahkan memiliki resolusi 5K, yang semakin besar resolusinya, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Bila Anda memiliki budget yang terbatas, tidak usah khawatir! Setidaknya pilih kamera dengan resolusi 1980 x 1080 yang sudah dianggap cukup mampu dalam memberikan kualitas gambar yang baik.

4. Gunakan Drone dengan Portabilitas yang Sesuai Kebutuhan

Portabilitas juga menjadi pertimbangan yang penting sebelum Anda membeli drone. Semakin besar drone yang akan dibeli, maka akan semakin kompleks  kebutuhannya.
 
Bila Anda menggunakan drone untuk bermain, maka pilih saja drone dengan portabilitas atau berat yang ringan. Ini akan membuat Anda semakin mudah saat menggunakannya. Sedangkan untuk kepentingan lain seperti pembuatan film, penginderaan real estate atau pelacakan, maka pilih drone dengan portabilitas yang tinggi atau drone yang berat agar Anda bisa mendapatkan drone yang kokoh dan fokus dalam mengerjakan tugas yang dijalankan.

5. Perhatikan Kebijakan Tempat Tinggal Anda tentang Penggunaan Drone

Hal yang harus diketahui adalah bahwa ada beberapa daerah atau kawasan yang  memiliki kebijakan untuk tidak mengizinkan penggunaan drone, yang mungkin termasuk di daerah atau tempat tinggal Anda.
 
Sebelum memiliki drone pastikan Anda mengetahui daerah atau tempat yang aman untuk bisa menggunakan drone tanpa terganggu oleh aturan hukum yang telah ditetapkan. Supaya lebih aman, registrasikan drone yang sudah dimiliki agar Anda dapat dengan legal menerbangkannya di wilayah yang bisa menggunakan drone.

Catatan

Ada beberapa cara lain yang dapat Anda perhatikan saat Anda membeli drone, salah satu di antaranya adalah dengan mengetahui kondisi medan dan cuaca tempat Anda akan menggunakan drone, sehingga Anda akan tahu drone seperti apa yang akan dibeli dan lebih leluasa saat menerbangkannya. 
 
Membeli drone juga harus dipastikan dengan adanya ketersediaan spare part atau onderdil drone di pasaran bila ingin membeli drone ARF, BNF dan PNP, dan yang paling utama adalah pastikan terdapat fitur penting yang ada pada drone seperti GPS atau global positioning system, headless mode atau 3-Axis. Ini semua akan membantu Anda agar mendapat drone yang dapat diandalkan sesuai kebutuhan. 
 
Itulah kelima hal yang harus dipertimbangkan saat membeli drone, ikuti kelima hal di atas supaya Anda bisa mendapatkan drone yang diinginkan.

Subscribe ke channel ini

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon