Jumat, Maret 01, 2024

Etika dalam Agama Kristen Protestan

Tags

 

etika agama kristen


Etika Kristen adalah prinsip - prinsip yang berasal dari iman Kristiani yang memandu tindakan orang Kristen. Sumber etika Kristen adalah TUHAN, karena TUHAN adalah awal atau sumber kehidupan. KEJADIAN 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Firman Tuhan menjadi panduan bagi perilaku manusia.

2 TIMOTIUS 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

3 PRINSIP ETIKA KRISTEN yaitu :

1. Memuliakan Tuhan

1 KORINTUS 10:31

Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

MATIUS 5:14-16

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

2. Memenuhi hukum yang terutama

MATIUS 22: 37-40

Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."


3. Sesuai kehendak Tuhan
 

YOHANES 13:34-35

34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.

Etika Kristen dalam pekerjaan atau profesi

KOLOSE 3:23-25

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya. Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

Etika Kristen dalam topik uang dan materi

I TAWARIKH 29:11-12

11 Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.

12 Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya.
 

Etika Kristen dalam bidang seksualitas

1 TESALONIKA 4:3-8

Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah, dan supaya dalam hal-hal ini orang jangan memperlakukan saudaranya dengan tidak baik atau memperdayakannya. Karena Tuhan adalah pembalas dari semuanya ini, seperti yang telah kami katakan dan tegaskan dahulu kepadamu. Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus. Karena itu siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan juga Roh-Nya yang kudus kepada kamu.

Rangkuman singkat :

Etika membahas tentang aturan dan prinsip-prinsip moral dalam kehidupan Kristen. Etika Kristen mengajarkan bahwa keselamatan yang diberikan oleh Yesus tidak berarti hidup tanpa aturan, tetapi hidup terikat pada aturan kasih. Etika Kristen didasarkan pada firman Tuhan dan mengajarkan untuk memuliakan Tuhan, memenuhi hukum yang terutama, dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Etika Kristen juga diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari seperti pekerjaan, uang dan materi, serta seksualitas.


Subscribe ke channel ini