Jumat, Maret 01, 2024

Okultisme di Agama Kristen

Tags

 

Okultisme di Agama Kristen



Arti Okultisme :

Okultisme berasal dari bahasa Latin “occultus” yang artinya: rahasia, tersembunyi.


Okultisme terdiri dari 2 kata:

Okult: pengetahuan tentang yang tersembunyi.
Isme: paham atau ajaran atau juga ilmu

Okultisme adalah ilmu atau ajaran tentang praktik-praktik pengetahuan yang tersembunyi, melibatkan sihir, astrologi, penggunaan indera keenam, ilmu ramal, dll.


Musuh utama orang Kristen bukanlah manusia melainkan Setan dan roh jahat.


EFESUS 6:10-12

Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.


KEJADIAN 3:1-5

Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?“ Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.“ Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."


Okultisme muncul dari keinginan manusia untuk menentukan jalannya sendiri di luar kehendak dan rencana Tuhan. Dengan kata lain, sebuah penolakan atau pemberontakan terhadap Tuhan.


JENIS-JENIS PRAKTIK OKULTISME


TAKHAYUL:

Kepercayaan akan hal-hal misterius yang merupakan kebohongan; kepercayaan pada hal-hal atau benda-benda yang memiliki kekuatan ajaib.


ILMU RAMAL:

Segala bentuk upaya mengetahui tentang apa yang akan terjadi di masa depan, menggunakan berbagai media (kartu, perbintangan, telapak tangan, hari baik, dan benda lain) dan secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan kekuatan di luar manusia.


ILMU SIHIR:

penggunaan kekuatan di luar kemampuan manusia melalui sarana mantra, ajian, berhubungan dengan arwah, jimat-jimat, santet, benda-benda pusaka atau sakral, dll.


HAL-HAL LAIN:

ada pula berbagai hal lain yang sampai saat ini diwaspadai sebagai sarana berhubungan dengan kekuatan di luar Tuhan dan tergolong okultisme. 


Sikap Kekristenan terhadap okultisme adalah menentangnya.

1. Tuhan sendiri menentang dan melarang praktik okultisme.
2. Melakukan okultisme adalah sama dengan memberontak dan tidak mempercayai Tuhan (lawan dari iman dan kasih kepada Tuhan).
3. Praktik okultisme (sadar atau tidak, sengaja atau tidak) rentan terkoneksi dengan kuasa Setan dan roh jahat.


CARA-CARA LEPAS DARI OKULTISME


1. Mengakui

Mengakui bahwa apa yang telah dilakukan Anda adalah dosa pemberontakan terhadap Tuhan dan minta ampunan-Nya.


2. Mencari

Mencari pertolongan lanjutan dengan cara Menemui gembala gereja lokal Anda untuk konseling dan berkonsultasi tentang masalah Anda.


3. Memutuskan

Memutuskan hubungan dan ikatan dengan berbagai kuasa okultisme yang selama ini diikuti.


4. Berubah

Merubah hidup dengan mengganti kebiasaan yang berhubungan dengan okultisme dengan kebiasaan yang sesuai dengan Firman Tuhan. Contoh: berdoa kepada arwah menjadi berdoa kepada Tuhan Yesus.




Subscribe ke channel ini