Kamis, Februari 21, 2019

Arti "HOLAN, MANGAN, MODOM" dalam Bahasa Batak/Sumatera Utara

HOLAN, MANGAN, MODOM

Mangan merupakan bahasa batak atau Sumatera Utara yang di sebutkan untuk memberitahukan seseorang untuk melakukan suatu hal atau kegiatan tertentu. Mangan dan Modom dalam dalam Bahasa Batak/Sumatera Utara mempunyai perbedaan arti maka berikut ini penjelasannya yang sudah Bangringo buat silahkan di simak...

Arti Mangan Bahasa Indonesia

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia mangan/ma·ngan/ n Kim logam berwarna putih keabu-abuan, bersifat keras dan getas, mirip besi, tetapi tidak magnetis; unsur dengan nomor atom 25, berlambang Mn, dan bobot atom 54,938. Sedangkan Holan dan Modom dalam KBBI tidak ada.

Arti HOLAN Bahasa Batak

Dalam bahasa Batak Holan artinya adalah "Hanya". Kata ini di pakai misalnya saat uang kita kurang untuk membeli suatu barang jadi hanya segini uang saya atau dalam bahasa batak adalah holan on hepeng hu.  Begitulah penggunaannya.

Arti MANGAN Bahasa Batak

Arti Mangan dalam bahasa batak sendiri adalah "Makan". Makan sudah pasti semua orang tau, jika belum tau artinya adalah mengkonsumsi atau memasukkan makanan ke dalam perut melalui mulut. Makan biasanya di lakukan saat seseorang lapar, kalo gak makan ya lapar (wuih info sangat bermanfaat).

makan bang
makan bang

Arti MODOM Bahasa Batak

Sedangkan Modom di bahasa batak artinya adalah "Tidur". Sudah jelas tidur adalah proses mengistirahatka tubuh bisa karena kecapean atau karena sedang malas tidak melakukan hal apapun. Contohnya pejabat yang sedang sidang bosan dan akhirnya tidur saat sidang h3h3 di gaji kok untuk tidur.

modom atau tidur
modom atau tidur

Jadi jika di sambung arti dari kata HOLAN, MANGAN, MODOM adalah Hanya makan dan tidur atau bisa di bilang si pemalas.

Sekian BangRingo buat artikel Arti "HOLAN, MANGAN, MODOM" dalam Bahasa Batak/Sumatera Utara ini untuk kalian. Jangan lupa untuk share jika artikel ini bermanfaat dan juga koment untuk saran atau komentar...


Kebekasi Terimakasi :)

Subscribe ke channel ini