Minggu, Februari 10, 2019

Arti TUKIK,TUNGKIK,NENGEL dalam Bahasa Batak

TUKIK,TUNGKIK,NENGEL

TUKIK merupakan bahasa batak yang sangat sering di sebutkan pada seseorang dengan kebutuhan tertentu pada telinga atau pendengaran. Bisa karena bawaan lahir atau karena hal lainnya. Tukik dan Tungkik sebenarnya sama tetapi berbeda pada bagian tertentu berikut ini penjelasannya yang sudah Bangringo buat silahkan di simak...

Arti TUKIK Bahasa Indonesia

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia tukik berarti anak penyu yang masih kecil. Tentunya ini sangat berbeda sekali dengan Tukik dalan bahasa batak.

Arti TUKIK Bahasa Batak

Dalam bahasa Batak TUKIK sering sekali di sebutkan pada orang yang sulit mendengar atau bisa di bilang kurang pendengaran. Tetapi arti dari kata TUKIK sendiri sedikit lebih spesifik dari arti sulit mendengar yaitu: sulit mendengar karena di telinga terdapat cairan yang bau biasanya berwarna kuning menutupi lubang telinga. Nah itulah yang di sebut tukik yaitu penyakit cairan yang keluar dari telinga, penyakit ini biasanya terjadi pada anak bayi karena saat mandi air masuk ke dalam telinga dan dalam waktu yang lama mengendap di telinga menyebabkan berubah menjadi cairan kuning yang di sebut tukik ini.

Arti TUKIK Bahasa Batak

Arti TUNGKIK Bahasa Batak

Arti tungkik dalam bahasa batak sendiri sama artinya dengan kata TUKIK. Tetapi perbedaannya tungkik ini sering di gunakan untuk tulisan dan Tukik sering di gunakan untuk di sebutkan secara langsung dengan mulut.

Arti NENGEL Bahasa Batak

Sedangkan Nengel di bahasa batak artinya adalah Kurang Pendengaran, ini bisa di sebabkan oleh bawaan lahir atau kecelakaan dan penyakit. Biasanya orang batak yang kurang pendengarannya akan di panggil nengel sebagai ejekannya, begitu juga orang yang sebenarnya tidak mempunyai gangguan pendengaran tetapi jika dia susah di panggil maka akan di juluki orang sebagai nengel. Jika di Bahasa Betawi Nengel ini sama artinya dengan BOLOT, yang pastinya kurang pendengaran.

Bolot

Sekian BangRingo buat artikel Arti TUKIK,TUNGKIK,NENGEL dalam Bahasa Batak ini untuk kalian. Jangan lupa untuk share jika artikel ini bermanfaat dan juga koment untuk saran atau komentar...


Kebekasi Terimakasi :)

Subscribe ke channel ini