Senin, April 27, 2020

Cara mencegah dan mengobati Kambing Keracunan

racun

Hai kembali lagi bersama BangRingo di artikel ini kita akan membahas soal Keracunan pada Kambing. Kambing yang Keracunan biasanya adalah dampak dari memakan - makanan yang seharusnya tidak boleh di makan oleh si Kambing. Keracunan biasanya berdapampak pada fisik kambing yang kurus, mulut berbuih, kejang - kejang, hingga yang paling parah adalah kematian.

Oleh karena itu kita harus selalu pandai menjaga kambing kita akan tidak memakan - makanan yang tidak boleh di makannya. Untuk mengatasi kambing keracunan kita bisa melakukan 2 cara yaitu Pencegahan (agar kambing tidak keracunan) dan Pengobatan (Agar kambing sembuh dari keracunan).

Baca juga: 30 makanan yang cocok untuk kambing dan domba.

Alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan saja karena dengan begitu kita tidak di buat panik karena kambing keracunan, karena jika kambing keracunan sangat tinggi kemungkinan kambing tersebut meninggal.

Pencegahan agar Kambing tidak Keracunan

Untuk mencegah kambing agar tidak keracunan kita harus menjaga kebersihan dari rumput atau pakan kambing.

  • Cara mencegah yang pertama adalah pada pagi hari kita jangan langsung mengambil rumput yang berembun karena terdapat banyak bakteri di embun tersebut, kita harus menjemur pakan yang seperti itu.
  • Cara berikutnya Kita tidak boleh sembarang memberikan makan pada kambing, ada beberapa daun yang beracun untuk itu kita lebih baik memberikan makanan yang sudah biasa di makan kambing jangan coba dengan makanan yang belum jelas.
  • Cara selanjutnya Memperhatikan rumput apakah telah di semprotkan pestisida. Terkadang ada orang yang menyemprot racun pada rumput agar rumput tersebut mati, untuk itu kita harus memperhatikan rumput yang akan di ambil apakah layu, berbau, dan terdapat air di daunnya walau sudah siang. Jika kaliann tau rumput tersebut sudah di semprot pestisida maka jangan di ambil.
  • Jangan berikan singkong beracun pada kambing. Ada beberapa jenis singkong yang beracun hati - hati agar tidak memberikan daun, kulit singkong, dan singkongny akarena dapat menyebabkan keracunan hingga kematian.
  • Biasakan untuk menjemur 15-30 menit tanaman yang baru kita ambil agar segala bakteri berkurang dan gas dari tanaman yang bisa bikin kambing kembung berkurang.


Pengobatan agar Kambing sembuh dari Keracunan

Cara mengobati kaki kambing kaku

Kambing yang kakinya kaku biasanya karena kekurangan zat garam dan mineral, biasakan menyemprotkan garam ke makanan kambing (tidak perlu banyak). Jika kambing sudah terlanjur kaku, maka kalian bisa memberikan minuman mineral seperti Air Mineral Aqua dan merk lain. Berikan juga garam di minumannya setengah sendok makan untuk 1 botol. Berikan makanan langsung di depan kambing.

Cara mengatasi kambing keracunan singkong dan kulitnya

Segera di berikan air garam dan segera buang singkong atau kulitnya yang masih ada karena berpotensi membunuh kambing. Berikan banyak minum agar kambing cepat kencing dan mengeluarkan racun. Biasanya untuk yang sudah parah seperti banyak busa keluar dari mulutnya kambing tersebut tidak dapat di obati, segera di potong.

Cara mengobati kambing kembung

Ini sama seperti orang sedang masuk angin, tetapi jika kambing tidak bisa mengeluarkan angin (kentut) maka bisa berakibat fatal. Cobalah metode biasa untuk mengobati masuk angin yaitu di beri tolak angin, minuman jahe, memencet perut kambing (pelan-pelan) dan menghangatkan kambing di samping api. Tujuannya agar kambing hangat dan mengeluarkan gas/kentut.

Cara mengobati kambing keracunan daun lamtoro

Lamtoro dapat di berikan pada beberapa jenis kambing yang sudah terbiasa memakannya, tetapi ada jenis kambing yang tidak bisa memakan lamtoro ini karena dapat mngakibatkan keracunan. Untuk mengobatinya sama seperti mabuk singkong atau keracunan singkong Segera di berikan air garam dan segera buang lamtoro yang masih ada.

Cara mengobati kambing keracunan pestisida

Kambing yang keracunan pestisida ini mempunyai sedikit kemungkinan untuk tetap hidup karena ini adalah racun kimia. Kambing yang terkena pestisida bisa di berikan air garam dan minum yang banyak untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuhnya, walau kemungkin hidupnya kecil tetapi harus di coba. Jika kambing sudah di berikan pengobatan tersebu tetapi malah semakin lemah dan mau mati silahkan di potong saja.

Nah itulah tadi pembahasan tetang Cara mencegah dan mengobati Kambing Keracunan, Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Subscribe ke channel ini