Sabtu, April 25, 2020

Cara mencegah dan mengobati Kambing mencret


Hai kembali lagi bersama BangRingo di artikel ini kita akan membahas tentan Mencret pada kambing. Mencret pada kambing merupakan penyakit yang patut kita waspadai, karena tidak sedikit kemungkinan kambing akan mati karena penyakit tersebut.
Maka dari itu kita harus tau cara cara menangani kambing yang sedang mencret. Mengurus kambing yang sedang mencret maka harus dimulai dari memperhatikan makanannya, kandangnya, dan fisik dari kambing tersebut.

Mencret pada kambing terbagi atas 2 jenis yaitu:

Mencret tidak terlalu Padat

Biasanya ini terjadi karena kambing di berikan pakan yang baru pertama kali di makannya untuk waktu yang lama. Jadi perut dan pencernaan kambing terkejut dengan makanan yang sudah lama tidak di makannya tersebut. Untuk mengatasi yang ini kalian bisa memberikan makanan baru tersebut secara perlahan/sedikit demi sedikit. Mencret tidak terlalu Padat ini di tandai dengan kotoran kambing yang masih berbentuk bulat tetapi menyatu atau berdempetan tidak seperti kotoran biasanya. Mencret jenis ini tidak terlalu berbahaya tetapi harus di berikan perhatian khusus agar tidak semakin parah.

Mencret Cair

Mencret Cair ini bentuk kotoran kambing tidak berbentuk seperti mencret pada umumnya. Jika sudah terkena ini harus cepat di tangani karena jika tidak bisa mneyebabkan penyakit yang lebih berbehaya lagi hingga dapat menyebabkan kematian pada kambing. Untuk mengobati penyakit ini ada banyak cara mulai dari memberikan daun obat mencret kambing (selengkapnya ada di bawah). Mencret Cair ini bisa di sebabkan oleh makanan yang tidak biasanya, fisik dari kambing yang lesu, kandang yang kotor dan lainnya.

Cara mengobati mencret pada kambing

Untuk mengobati mencret pada kambing ada 2 cara yaitu dengan obat kimia dan dengan obat alami.

Obat alami untuk mengatasi mencret pada kambing ini ada beberapa yaitu :
-Daun nangka.
-Daun Pisang tua (bukan yang kering coklat).
-Daun Jambu Biji.

Obat kimia yang dapat mengatasi mencret pada kambing adalah:
-Entrostop
-dan lainnya bisa di tanya di toko peternakan.


Nah sekian artikel ini di buat oleh bangringo, terima kasih sudah membaca.

Subscribe ke channel ini