Kamis, April 23, 2020

Cara mengatasi dan mengobati penyakit mata pada Kambing

Penyakit mata pada kambing

Hai kembali lagi bersama BangRingo di artikel kali ini saya akan membahas tentang penyakit mata pada kambing. Seperti mata kambing pink, mata kambing berselaput putih, mata kambing berair dan mata kambing belekan.
Bagi kalian mempunyai kambing dengan masalah seperti itu, maka kalian bisa melakukan perlakuan khusus untuk kambing tersebut. Perlakukan khusus apa yang bisa di lakukan pada kambing yang sakit mata? yaitu pencegahan dan pengobatan.

Nah ada kalanya kita para peternak kambing mengalami kasus penyakit pada mata kambing, hal tersebut bisa terjadi karena banyak hal. Untuk itu kita harus mencegah hal tersebut agar tidak terjadi.

Cara Mencegah penyakit mata pada kambing

1. Jaga Pola Makan.

Jangan selalu memberikan makanan kering pada kambing, karena hal tersebut dapat mengurangi daya tahan tubuh termasuk mata kambing. Kalian bisa memberikan makanan kering tetapi harus juga di tambah dengan rumput segar dan sejenisnya.

2. Hindari kambing dari benda yang berpotensi terkena mata.

Kambing bisa saja menabrak kayu, paku dan lainnya yang terdapat di kandang. Apalagi jika kalian membebaskan kambing, maka bisa saja mata kambing terkena duri dari tanaman. Maka dari itu kalian bisa mengandangi kambing lalu memperbaiki bagian kandang yang berpotensi terkena pada mata kambing.

3. Jangan terlalu sering mengasapi kambing.

Sama seperti manusia kambing juga bisa terkena buta katarak. Mata Kambing berselaput menandakan kambing tersebut terkena buta katarak. Buta katarak bisa berasal dari asap yang selalu mengenai mata kambing. Oleh karena itu asapai kambing secukupnya saat hujan ataupun saat suhu terlalu dingin saja.

Cara Mengobati penyakit mata pada kambing

1. obat sakit mata alami untuk domba dan kambing mata berselaput.

Ada beberapa cara untuk mengobati mata berselaput pada kambing, kalian bisa memberikan obat berikut pada kambing : air jeruk nipis dan insto. Dengan memberikannya pada mata kambing 3x 1 hari, dengan begitu akan mengobati selaput mata pada kambing menjadi semakin tipis dan akhirnya menghilang.

2. obat tradisional pink eye pada kambing

Pink Eye pada kambing biasanya terjadi karena bakteri atau benda yang mengenai mata kambing. Untuk mengobatinya kalian bisa memberikan insto dan menjauhkan mata kambing dari debu dan kotoran. Kurangi juga mengasapi kambing yang terkena penyakit ini.

3. obat herbal mata kambing belekan

Belekan pada kambing sebenarnya tidak terlalu mengganggu, Hanya pada manusia saja yang mengganggu karena terlihat seperti orang belum mandi. Nah untuk mengatasi belekan ini bersihkan kandang, jauhkan dari debu, kurangi mengasapi kambing. Jangan lupa untuk membersihkan belek pada mata kambing.

4. obat mata kambing berair

Insto untuk kambing dapat membersihkan mata kambing dengan mudah, tetapi bisa juga dengan mengkompres mata kambing dengan air hangat dan kain bersih. Mata kambing berair berarti kambing tersebut sedang kemasukan benda kecil pada matanya bisa debu, serpihan kayu dan lainnya.

Nah itulah yang dapat kalian lakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit mata pada kambing, terima kasih sudah membaca artikel ini.


Subscribe ke channel ini