Jumat, Maret 01, 2024

Pertobatan di Agama Kristen

Tags

 

Pertobatan di Agama Kristen

Arti Pertobatan :

Pertobatan artinya “perubahan pikiran seseorang.” Perubahan yang dimaksud bukan sekedar perubahan opini, tetapi perubahan arah dari kehidupan seseorang. Pertobatan adalah berita awal dari Yesus Kristus di awal pelayanan-Nya.


MATIUS 4:17

Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Pertobatan yang sejati adalah penyesalan akan kesalahan dan dukacita akibat tindakan melawan kehendak Tuhan dan mendukakan hati Tuhan. Pertobatan yang palsu atau tidak murni adalah penyesalan karena akibat (entah hukuman atau kerugian tertentu akibat perbuatan yang salah) bukan karena kesadaran akan dosa.


Pertobatan seringkali menjadi sulit karena manusia tidak mau dikoreksi kesalahannya, atau berdalih, atau menyalahkan pihak lain. Ketika seseorang mengaku dosa maka Tuhan akan memberikan pengampunan.


1 YOHANES 1:9

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 


Pertobatan dan pemulihan hidup Si Anak Bungsu adalah kerja sama antara kesadaran, penyesalan, pengakuan, dan tindakan berbalik kepada bapanya. Bukti bahwa Kristus telah berkarya dan hidup di dalam kita adalah hidup yang berubah (bertobat).


1 YOHANES 2:6

Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.


MATIUS 5:14-16

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Subscribe ke channel ini