Jumat, Maret 01, 2024

Arti "Iman" dalam Agama Kristen

Tags

 

Iman


 Arti iman :

Iman selalu di artikan dengan kata setia, iman dan setia tidak dapat di pisahkan. Ibrani 11:1 “Iman adalah keyakinan dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat”.


4. Point-point tentang iman :


1. Iman yang menyelamatkan

Iman yang benar didasarkan pada informasi yang tepat, pengertian yang benar, dan kepercayaan secara pribadi Jika kita ingin di selamatkan maka berimanlah.


IBRANI 11:6

Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.


2. Iman dan perbuatan

Iman bukanlah suatu konsep abstrak yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Iman sejati pasti melahirkan perbuatan. Jika kita beriman, maka lakukan lah bukan hanya sekedar berkata tanpa berbuat.


YAKOBUS 2:17

Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.


3. Iman karena pengenalan

Iman (faith) dekat dengan kesetiaan (faithfulness). Kesetiaan dekat dengan kepercayaan. Kepercayaan dekat dengan pengenalan. Jika kita beriman maka seharusnya mengenalnya (Yesus Kristus).


2 TIMOTIUS 1:12

Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan.


4. Iman dalam hidup sehari-hari

Iman dihidupi dalam keseharian dengan mempercayai Tuhan dan mempercayakan hidup pada Tuhan. Jika kita berima maka konsistenlah percaya dan lakukan setiap hari.


AMSAL 3:5-6

5.Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 6. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Subscribe ke channel ini