Kamis, Februari 13, 2020

Arti kata Sinamot dalam bahasa Batak/Sumatera Utara

Pernikahan batak

Hai kembali lagi bersama BangRingo di artikel kali ini kita akan membahas tentang "Arti kata Sinamot dalam bahasa Batak/Sumatera Utara". Sinamot merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pernikahan adat Batak, tidak jarang karena masalah sinamot mengakibatkan gagal menikah. Jadi apa itu sinamot?

Sebelum BangRingo jelaskan tentang SINAMOT, Bangringo akan menjelaskan dulu tentang adat pernihakan batak yang mungkin belum kalian ketahui. Dalam adat pernihakan Batak biasanya ada banyak hal yang di rencanakan dan dilaksanakan salah satunya SINAMOT. Nah selain Sinamot apa sajakah yang di rencanakan dan dilaksanakan?

Berikut ini adalah hal yang di rencanakan dan dilaksanakan di adat pernihakan batak(hanya garik besar/tidak mendetail):

1. SINAMOT.
2. Rencana Tempat menikah di tempat laki2 atau tempat perempuan.
3. Mengundang Hula-hula(segala macam ikatan saudara).
4. Mengungang parmusik.
5. Mengundang parsalon.
6. Mengungang parketring/parhobas sesuai keinginan.
7. Mengumumkan di gereja (sebelum hari h).
8. Melakukan pemberkatan di gereja(hari h) biasanya pagi hari.
9. Margondang musik, tortor, joget dan segala macam kegiatan.
10. Mangulosi.
11. Penutupan.

Kembali lagi ke pembahasan tentang SINAMOT...

Jadi arti kata sinamot dalam bahasa batak adalah mas kawin. Sama seperti adat Jawa, Bali dan lainnya. Di dalam sebuah pernikahan sudah pasti ada mas kawin (biasanya). Untuk mas kawin ini di adat batak di tentukan oleh orang tua mempelai wanita dan yang memberikan mas kawin adalah keluarga mempelai pria.

Tak jarang pasangan gagal kawin karena SINAMOT ini. Oleh karena itu sinamot menjadi sebuah last step atau langkah terakhir sebelum melakukan acara pernikahan.


Yah mungkin itulah keterangan dari Arti kata Sinamot dalam bahasa Batak/Sumatera Utara ini yang sudah panjang lebar di tulis oleh BangRingo. Oke jika artikel ini sangat menarik jangan lupa share di facebookjika tidak menarik share di Whatsapp dengan begitu sodara sodara sobat agak tau dikit arti arti kata yang ada di internet ini.


Subscribe ke channel ini